• SMK BHAKTI PERSADA PATEBON KENDAL
  • Siap Kerja dan Mencetak Wirausaha

Pembelajaran Kreatif dan Unik

Wendhie Tri W., S.Kom.
Guru Mapel Rekayasa Perangkat Lunak

 

MEMBUKA PINTU PEMBELAJARAN KREATIF DAN UNIK

Guru adalah kunci utama dalam proses pendidikan, sebagai pengajar guru memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk generasi muda menjadi individu yang berpengetahuan luas, kritis, dan kreatif. Diantara berbagai karakter guru, ada satu karakter guru yang menonjol, yaitu “Guru Kreatif”, merupakan karakter pahlawan pendidikan yang mampu memberikan pembelajaran inspiratif dan inovatif kepada siswa – siswinya dalam mencapai cita – citanya di masa depan.

Guru kreatif memiliki beberapa karakter yang membedakan mereka dari pendidik lainnya, yaitu : Fleksibilitas, seorang guru mampu untuk beradaptasi dengan berbagai situasi pembelajaran dan melakukan perubahan rencana ketika diperlukan. Inovasi, menggunakan cara baru dalam menyampaikan materi pelajaran melalui penggunaan media pembelajaran yang menarik sehingga dapat menghasilkan pembelajaran yang menyenangkan. Memotivasi, kemampuan seorang guru untuk dapat mendorong siswa dalam mengemukakan ide mereka dengan memberikan pujian yang membangun sehingga siswa merasa percaya diri untuk bereksperimen dan berinovasi. Mendengarkan, menjadi pendengar yang baik dalam kebutuhan minat belajar siswa menjadi acuan dalam melakukan pembelajaran yang relevan dan menarik. Kolaboratif, seorang guru kreatif tidak hanya bisa menginspirasi siswa tetapi juga rekan guru lainnya, sehingga mereka aktif untuk memberikan gagasan, pengetahuan, dan praktik terbaik untuk meningkatkan pembelajaran secara keseluruhan.

Pembelajaran kreatif dan unik dapat dilakukan pada setiap satuan pendidikan dengan menyesuaikan pada kebutuhan dan karakter peserta didik, berikut beberapa contoh pembelajaran kreatif dan unik yang dapat dilakukan. Pembelajaran berbasis proyek, melaksanakan pembelajaran melalui proyek praktis dapat merangsang kreativitas siswa. Dalam pendekatan ini mendorong kolaborasi, pemecahan masalah dan penerapan praktis dari pengetahuan. Permainan Edukatif, pendekatan ini dapat mendorong daya ingat dan pemahaman yang lebih mendalam. Dengan membuat permainan kuis interaktif atau simulasi online siswa dapat belajar sambil bersenang –senang. Penggunaan teknologi canggih, memanfaatkan teknologi seperti augmented reality (AR) atau virtual reality (VR) dapat menghadirkan konsep abstrak menjadi visual yang lebih mudah dipahami. Siswa dapat "mengunjungi" tempat-tempat sejarah atau menjelajahi fenomena ilmiah melalui pengalaman virtual. Belajar dari rekan sebaya, mengizinkan siswa untuk mengajar satu sama lain bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga. Ini membantu memperdalam pemahaman mereka tentang materi pelajaran dan meningkatkan keterampilan komunikasi. Pembelajaran Terbalik (Flipped Classroom), dalam pembelajaran terbalik, siswa mempelajari materi pelajaran di rumah melalui video atau bahan bacaan, sementara waktu di kelas digunakan untuk diskusi mendalam, pertanyaan, dan proyek. Masih sangat banyak ragam pendekatan belajar yang bisa digunakan oleh bapak/ibu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dalam mencapai tujuan untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik.

Pembelajaran unik dan kreatif mampu mengubah proses pembelajaran menjadi sebuah petualangan yang menarik, meningkatkan kratifitas dan mempersiapkan peserta didik menjadi generasi dengan masa depan yang cerah. Penting bagi kita semua untuk dapat membuka pintu pembelajaran unik dan kreatif untuk peserta didik kita yang bertujuan untuk memaksimalkan hasil dari proses pembelajaran yang telah dilakukan.

Komentari Tulisan Ini